Bermimpilah selagi Kita Bisa, Gapailah semua Keinginanmu, Ingatlah tak ada yg sia-sia jika kita mau berusaha

Pages

Senin, 22 Juli 2013

Liburan Ke Museum Batik Pekalongan #Edisi Jalan²

Pada hari senin tgl 24 juni 2013, kami 15 siswa mts nu 02 batang mengadakan liburan ke museum batik pekalongan dg tujuan untuk menambah pengalaman dan pengetahuan kami. Pukul 07.30 WIB kami kumpul didepan panti, kamipun mengumpulkan uang untuk biaya angkot, setelah uangnya terkumpul pak yani mencari angkot yang kan kami naiki, tidak lama kemudian angkotnya datang, dan kami pun segera naik, setelah semuanya naik kami pun berangkat, saat perjalanan di angkot kami bercanda dan tertawa agar kami tdk pusing.

Sebelum masuk kemuseum kami mampir ke simpang lima untuk bermain dan berfoto. Sambil beristirahat aku diminta untuk mengkoordinnir teman”ku. kami mengumpulkan uang lagi untuk membeli tiket masuk kemuseum , setelah semuanya berkumpul kami masuk kedalam museum , setelah itu kami melihat” sambil menuggu pemandu datang disana kami melihat wadah besar yang terbuat dari tembaga.




Pemandu pun menerangkan tentang wadah besar itu “ini adlah wadah besar yang digunkan untuk menggodak/memisah kain dari malam”, tak lama kemudian pemandu nya datang, dan pemandu bernama: BPK DENI PUJIANTO.
Beliau bertugas sbg pemandu disini dan beliau yang memantau dan menjelaskan kita tentang museum dan batik.

PAK DENI menjelaskan bahwa ada 3 ruang pemeran disini yaitu:


1.Ruang pameran  I

Yaitu ruang pameran batik pesisir:

Museum batik ini diresmikan oleh Bpk presiden ri H.SUSILO BAMBANG YUDOYONO pd tgl 12 juli 2006.Dulu nya museum ini adlh peninggalan belanda pada tahun 1906 kantor ini dijadikan ruang adriminitasi keuangan oleh bangsa belanda, Lalu pd thn 2004 dijadikan kantor pemerintahan kota pekalongan dan pada tgl 12 juli 2006 gedung ini di jadikan sbg museum batik pekalongan yang bertujuan untuk tempat pelestarian batik sbg warisan budaya Indonesia.

Dan didalam ruangini terdapat bahan” dan alat” untuk serta ada pula beberapa contoh batik pesisir,,dan diruang ini ada 2 macam canting:canting tulis dan canting cap,canting tulis memiliki ukuran 1-7,dan canting tulis memiliki 3 bagian yaitu: cucu’an, mangkokan, tangkai, sedangkan canting cap terbuat dr tembaga ,canting meniliki 3 bagian yaitu:ancak untuk pegangan, bagian tengah dan pola.

MALAM,berfungsi untuk penghalang atau perintah bukan sbg pewarna. Malam memiliki 3 jenis Ada malam mopok, malam tulis, dan malam cap.Pewarna batik ada 2 jenis pewarna yaitu pewarna alam dan kimia. Pewarna alami contohnya,mangsi,secang,mahoni,tingi,tanjung,kapur,dan tawas.Pewarna kimia contohnya,piksil warna merah,indigo warna biru,tegeran warna ungu,jalawa kecoklatan dls.

Ada pun batik pesisir, batik pesisir ini didominan dg warna yang cerah,bebes,natural. Batik pesisir ini memiliki pengaruh dr budaya lain(asing). Boketan dr belanda. Boketan berasal dri bahasa paris yaitu buke iketan yg artinya bunga/sekumpulan bunga. Batik pesisir mempunyai warna merah karna warna merah keberanian bangsa cina bbrpa cntoh batik pesisir yaitu, batik pesisir batik kalongan bermotif:lingkungan,batik lesem motif kembang sembojo sore dll


2.Ruang pameran II


Batik pedalaman ini mengoleksi batik khas pedalaman yogjakarta dan solo .
contoh batikpedalaman yogjakarta ada motif parang sarpa, sido mukti dll.
Contoh ,batik pedalaman Surakarta ada motif perang barong dll.

Selain batik pedalaman ada juga batik nusantara, batik nusantara adlh batik dr berbagai daerah Indonesia contoh nya:
Ø Kalimantan : motif aso kepala tumpal pasung
Ø Bali :motif Ramayana
Ø Palembang :motif kain sembagi
Ø Bengkulu :motif BPsuren

ü Kain yang digunakan ada pun berikut ini:
Ø Kain katun oxford,paris,primis,sutra,dan masih bnyak lagi

ü Ada pula koleksi batik dr para penjabat yang bersejarah
Ø Batik motif kawung koleksi walikota pekalongan priode 1989-1994
Ø Batik motif boket kencana,baket solo koleksi presidenri ke 6 SUSILO BAMBANG YUDHOYONO dan ANI YUDHOYONO.


3.Ruang Praktek membatik    

Ruang praktek membatik ini menyediakan praktek singkat batik tulis dan batik cap. Jadi diruangan ini kami diajari serta disuruh mencoba membuat batik tulis dan cap. Setelah jadi, akupun meminta satu buat kenang²an dari museum ini.


Kamipun melanjutkan keruangan lain, RUANGAN KEDAI BATIK, diruangan ini menjual berbagai macam produk batik, menjua souvenir² seperti hiasan dinding, kunci², PIN, Baju, DLL.

Sebelum pulang kami foto bersama di depan MUSEUM BATIK bersama PAK DENI PUJIANTO yang saat itu memandu kami.


Setelah ke Museum kami istirahat di depan BATIK TV PEKALONGAN sambil makan batagor dan bermain, karena supir angkot yang akan kami tumpangi belum juga datang, akhirnya kamipun jalan kaki sampai ke Mall Borobudur, didepan Mall tersebut kami menunggu supir angkot, setelah datang kami langsung naik, ketika berada di dalam angkot kami bercanda², seru²an dan berfoto², sampai akhirnya kamipun sampai di depan panti dan setelah itu pulang kerumah masing².



Bye—Bye


Oleh : Sri Hatina (Kelas VIII A)

Diketik Oleh :
Muhyidin (Uyeek)

Posted by: MTs NU 02 Batang
http://mtsnuduabatang.blogspot.com Updated at: 15.10

0 komentar :

Posting Komentar