Bermimpilah selagi Kita Bisa, Gapailah semua Keinginanmu, Ingatlah tak ada yg sia-sia jika kita mau berusaha

Pages

Sabtu, 07 Desember 2013

Sosialisasi Kurikulum 2013 Tingkat MTs Kab. Batang

Pada 2 Desember 2013 atau hari Senin kemarin telah dimulai pelaksanaan Sosialisasi Kurikulum 2013 oleh Kementerian Agama Kab. Batang dengan peserta para Pendidik dari Tingkat MTs, MA dan MI dan akan berakhir pada 13 Desember 2013. 
Untuk Tingkat MTs dimulai pada hari Senin (2/12/2013) dan telah berakhir pada hari Kamis (5/12/13) kemarin, dibagi menjadi 4 angkatan, angkatan I-II bertempat Hotel Jayadipa Pekalongan sedangkan angkatan III dan IV bertempat Hotel Dewi Ratih Batang.
Pendaftaran Peserta di  Hotel Dewi Ratih Batang

Disini kami diperkenalkan dengan Kurikulum 2013, seperti apa dan bagaimana kurikulum 2013 itu dan apa bedanya dengan kurikulum yang dipakai sebelumnya (KTSP 2006). Semua materi tentang pengenalan Kurikulum baru ini dijabarkan pada hari pertama dengan pemateri yang tentunya sudah mengenal dan memahami tentang kurikulum 2013 ini.
Beberapa pemateri yang sempat mengisi di kelas kami, diantaranya adalah :
  1. Drs. Harun, M. Pd (LPMP Jateng)
  2. Dra. Umi Setijowati, M. Pd
  3. Bp. H. Moch. Bisri (Kemenag Batang)
  4. Bp. Mahrus (Kasi Mapenda Batang)
  5. Bp. Yogi Wibowo
  6. Bp. Anang Junianta
  7. Ibu Niken Susilastuti
  8. Bp. Siswanto
Salah satu Pemateri yang sedang memberikan penjelasan
Pada hari kedua, diisi dengan materi Analisis Buku Siswa/Guru, Pendekatan Saintifik, Pendekatan Autentik, serta bagaimana konsep Penilaiannya.

Ada beberapa Peraturan Menteri (Permendikbud) yang sempat saya catat dalam kaitannya dengan Kurikulum 2013, diantaranya :
  1. Permendikbud No. 54 tahun 2013, tentang SKL
  2. Salinan Permendikbud No. 54 tahun 2013, tentang SKL
  3. Permendikbud No. 64 tahun 2013, tentang KI-KD Standar Proses
  4. Salinan Permendikbud No. 64 tahun 2013, tentang KI-KD Standar Proses
  5. Permen N0. 81 A, tahun 2013 tentang implementasi Kurikulum 2013
Hari ketiga, kami diberikan pelatihan untuk membuat RPP yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dan merancang penilaian Autentik.
Suasana Pada Saat Pembahasan RPP
Suasana Pada Saat Membahas Rancangan RPP
Hari terakhir kami langsung praktek simulasi pembelajaran dihadapan teman-teman sejawat, dari RPP yang telah dibuat sebelumnya. Mungkin karena sudah lelah dan capek banyak dari kami yang kemudian sibuk sendiri-sendiri dan mulai tidak memperhatikan teman-teman yang sedang praktek Peer Teaching didepan, kemudian ada salah satu peserta berdiri dan mencoba memberi semangat kepada teman-teman yang lain untuk tetap menjalani ini sampai akhir 'Mari teman-teman kita berikan apresiasi untuk teman-teman kita yang berdiri didepan, kasihan mereka yang sudah mempersiapkan untuk kegiatan ini dari tadi malam, kita akan tetap melanjutkan ini sampai selesai, setuju teman-teman ?' dan kemudian teriakan setuju menyapa seiisi ruangan. 

Dan beliaupun kemudian mengajak kita untuk berdiri dan menyanyi guna menambah semangat kawan-kawan yang sudah mulai capek, ini biasa beliau lakukan ketika kegiatan belajar mengajar bersama anak didiknya. Lagu Garuda Di Dadaku diubah syairnya menjadi seperti ini :

MTs Di dadaku, MTs Kebanggaanku, Ku Yakin Hari Ini Pasti Menang . . .
MTs Di dadaku, MTs Kebanggaanku, Ku Yakin Hari Ini Pasti Menang . . .
MTs Di dadaku, MTs Kebanggaanku, Ku Yakin Hari Ini Pasti Menang . . .

Dari lagu dan tarian yang beliau tuntun ternyata memang mampu menggugah dan menyemangati kami yang saat itu mungkin sudah mulai letih. 
Acara peer teaching pun berjalan sampai selesai, kemudian ada tambahan-tambahan dari Pemateri Bp.Siswanto menyuguhkan sebuah video penutup yang cukup menarik, puisi dan narasi yang cukup menyentuh, kemudian juga ada perumpamaan cahaya lilin yang bisa menjadi penerang bagi siapa saja.

Kemudian Ibu Niken mempresentasikan perumpaan dengan wortel, telor, dan biji kopi, sekeras wortel ketika dimasukkan kedalam air dia akan menjadi lunak, selunak telor ketika dimasukkan ke air akan menjadi masak, tetapi ketika yang dimasukkan adalah biji kopi dia berubah menjadi harum dan bisa di nikmati, akan menjadi seperti apakah kita ketika kita diuji dengan kesulitan-kesulitan, apa kita akan menjadi wortel, telor atau biji kopi yang menjadi harum ?

Acara sosialisasi Kurikulum 2013 ini ditutup oleh Bp. Sugiedi dari Kasubag, TU Kementerian Agama Kab, Batang. Diakhiri dengan do'a dipimpin oleh Bp. H. Abdul Syukur.

Acara Penutupan Sosialisasi Kurikulum 2013
Pembacaan Do'a pada saat penutupan

Posted by: MTs NU 02 Batang
http://mtsnuduabatang.blogspot.com Updated at: 21.49

0 komentar :

Posting Komentar